MANFAAT MENGKONSUMSI SAYUR DAN BUAH

Penulis : Instalasi Promosi Kesehatan RS

Semua sayur bagus dimakan, terutama sayuran yang berwarna ( hijau tua, kuning, dan oranye) seperti bayam, kangkung, daun katuk, wortel, selada hijau atau daun singkong. Semua buah bagus untuk dimakan, terutama yang berwarna ( merah, kuning) seperti mangga, papaya, jeruk, jambu biji atau apel lebih banyak kandungan vitamin dan mineral serta seratnya. Pilihan buah dan sayur yang bebas pestisida dan zat berbahaya lainnya. Biasanya ciri-ciri sayur dan buah yang baik ada sedikit lubang bekas dimakan ulat dan tetap segar. Pengolahan sayur dan buah yang tepat tidak merusak atau mengurangi kandungan gizinya. Konsumsi sayur dan buah yang tidak merusak kandungan gizinya adalah dengan memakannya dalam keadaan mentah atau dikukus.Direbus dengan air akan melarutkan beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah tersebut. Pemanasan tinggi akan menguraikan beberapa vitamin seperti vitamin C.

Setiap anggota Rumah tangga sebaiknya mengkonsumsi minimal 3 porsi buah dan 2 porsi sayuran atau sebaliknya setiap hari. Makan sayur dan buah setiap hari sangat penting, karena mengandung vitamin dan mineral , yang mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh dan mengandung serat yang tinggi

Manfaat vitamin yang ada didalam sayur dan buah yaitu :

Vitamin A untuk pemeliharaan kesehatan mata

Vitamin D untuk kesehatan tulang

Vitamin E untuk kesuburan dan awet muda

Vitamin K untuk pembekuan darah

Vitamin C meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi

Vitamin B mencegah penyakit beri-beri

Vitamin B12 meningkatkan nafsu makan .

Apa Manfaat Makan Buah dan Sayur ?

Sayur dan buah-buahan merupakan sumber makanan yang mengandung gizi lengkap dan sehat. Didalm sayuran dan buah juga terdapat vitamin yang bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan dalam sayur dan buah bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan dalam sayur dan buah bekerjs dengan cara mengikat lalu menghancurkan radikal bebas dan mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun.

Manfaat buah dan sayur bagi kesehatan

Pada jenis buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan rendah lemak, garam dan gula mampu menyediakan sumber yang baik berupa serat makanan ,Jika seorang tengah menjalankan program diet, sangat baik sekali mengkonsumsi sayur dan buah . Melindungi terhadap penyakit , pada sayuran dan buah banyak mengandung fitokomia atau “bahan kimia tanaman” yang zat aktif dan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Pada sebuah penelitian ilmiah menunjukkan apabila dengan teratur sering mengkonsumsi buah dan sayuran , akan mengurangi resiko terhadap serangan penyakit seperti diabetes, Stroke, Kanker, hingga tekanan darah tinggi ( Hipertensi)

Sayur harus dimakan 2 porsi setiap hari, dengan ukuran satu porsi dengan satu mangkuk sayuran segar atau setengah mangkuk sayuran matang. Sebaiknya sayuran dimakan segar atau dikukus, karena jika direbus cenderung melarutkan vitamin dan mineral. Buah-buahan harus dimakan 2-3 kali sehari. Contohnya , satu gelas jus atau satu buah jeruk, apel, jambu biji atau pisang. Makanlah berbagai macam buah karena akan memperkaya variasi zat gizi yang terkandung dalam buah.(Adm,Promkes 2019)

Submitted by administrator on 2019-08-29 13:16:12