PERAWATAN LUKA MODERN

Penulis : Ns.Muhammad Saleh,S.Kep.,WOC(ET)N

Bidang Pelayanan Keperawatan RSUP Dr.Wahidin Sudirohusodo Makassar

Perawatan luka mengalami perkembangan yang sangat pesat. seiring dengan perkembangan pengetahuan tentang cara-cara penyembuhan luka modern. Perubahan metode dan cara perawatan luka yang semula bersifat konvensional menjadi perawatan luka modern, ketersediaan alat kesehatan yang digunakan sebagai dressing dalam perawatan luka makin menambah efektif dan efisien dari segi pendanaan dan kenyamanan pasien yang mermbutuhkan perawatan luka.

Sebagai suatu ilmu perawatan luka mengalami perkembangan baik dalam tehnik, metode dan pemilihan dressing modern yang lebih efektif dan efisien dalam hal pembiayaan, kenyamanan dan percepatan proses penyembuhan luka, sangat penting bagi  petugas penggiat luka baik perawat maupun dokter untuk meningkatkan kompetensinya secara profesional dengan meningkatkan wawasan dan penambahan ilmu pengetahuan serta skill perawatan luka yang diperoleh melalui kegiatan forum ilmiah berupa pelatihan, kursus, workshop maupun konggres agar dapat selalu mengup-date ilmu perawatan luka berdasar evident base terkini.

"Wound care is a simple things, but it is a complexs management"Perawatan luka dulu sangat mengedepankan konsep kering, dimana kalau sudah ada koreng (keropeng/scab) maka luka sudah sembuh. Mungkin iya jika lukanya kecil dan tidak ada penyulit yang berati selama proses penyembuhan, namun akan beda artinya jika luka luas dengan atau tanpa penyulit yang memperberat kondisi luka. Luka kering akan menjadi koreng (jaringan nekrosis), baik yang berwarna kuning maupun hitam.

"A moist wound healer 2x faster than dry wound" Saat ini berkembang pengetahuan tentang merawat luka di Indonesia, perawatan luka modern, evidence based, herbal, dll. Sebetulnya bagaimana teknik  perawatan luka yang terbaik , sehingga luka dapat sembuh lebih cepat dan lebih baik? Silahkan konsultasi dengan para praktisi luka yang sudah terakreditasi.

Di RSUP Dr.Wahidin Sudirohusodo  ada layanan khusus poli perawatan luka , yang melayanani semua jenis luka, terutama luka-luka yang kronik.Melayani pasien rawat jalan,Rawat Inap  termasuk kosultasi layanan konsultasi antar ruangan perawatan.

Perkembangan perawatan luka saat ini adalah dengan konsep lembab atau tidak kering maupun tidak basah, mengapa demikian? ternyata dengan suasana lembab yang seimbang, dapat meningkatkan efektifitas kerja tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan lukanya.

Dengan konsep ini juga kita akan mendapatkan keuntungan lainnya, diantaranya:

1. Luka tidak sakit saat dibuka (kecuali ada penyumbatan pembuluh darah)

2. Nyaman digunakan, tidak harus diganti setiap hari tidak juga sehari dua kali

3. Bekas luka tidak terlalu kelihatan

4. Keloid tidak terbentuk

5. Kecacatan lainnya dapat dihindari.

MARI MERAWAT LUKA BERDASARKAN EVIDENCE BASE PRACTICE TERKINI

(Adm,Promkes 2019)

 

Submitted by administrator on 2019-08-29 15:12:27