RSWS TERIMA KUNJUNGAN DUA DINAS KESEHATAN TERKAIT SISRUTE

  

Makassar, 12/9 - Direktur Utama RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, Dr. dr. Khalid Saleh, SP.PD-KKV, FINASIM, M. Kes menerima kunjungan kerja Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Bali di ruang pertemuan PCC Lt. 5, Senin (9/9/2019). Sementara itu, pada tanggal 11/9/2019 Direktur Utama kembali menerima kunjungan dari Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Kunjungan kedua Dinas Kesehatan ini dalam rangka Studi Banding tentang Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE) di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar sebagai pelopor sistem ini.

Khalid menyampaikan bahwa SISRUTE merupakan teknologi informasi berbasis internet yang dapat menghubungkan data pasien dari tingkat layanan lebih rendah ke tingkat layanan lebih tinggi atau sederajat (horizontal atau vertikal) dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses rujukan pasien. Saat ini SISRUTE sudah menjadi sistem rujukan nasional oleh Kementerian Kesehatan RI yang digunakan oleh seluruh Fasyankes di seluruh Indonesia yang saat sudah berjumlah 9126,” jelasnya.

Lebih lanjut Khalid menjelaskan bahwa dalam tahap pengembangan SISRUTE, ada beberapa hal yang dikembangkan diantaranya integrasi dengan dukcapil, integrasi dengan RS Online dan ASPAK, telemedicine (chat dan video), Resume Medis Elektronik (RME), upload dokumen laboratorium, radiologi dan EKG serta GPS tracking Ambulance.

Dalam perkembangan SISRUTE ini, ada beberapa hal yang perlu dievaluasi menurut Khalid seperti RS yang paling banyak menggunakan SISRUTE, diagnosis yang paling banyak dirujuk melalui SISRUTE, alasan rujukan yang terbanyak, masalah yang muncul dalam operasinal SISRUTE dan solusi dari permasalahan yang muncul,” tuturnya.

Solusi yang ditawarkan terkait permaslahan yang muncul di SISRUTE ini kata Khalid adalah semua RS/PKM ada terwakili masuk di group WhatsApp (WA), permasalahan yang muncul terkait sistem/jaringan dimasukkan di WA, komunikasi melalui telepon dilakukan segera jika SISRUTE tidak berfungsi dan masalah dari RS perujuk sedapat mungkin RS tempat dirujuk dicarikan solusi ke RS lain (terkait sumber daya).  

Usai pemaparan, rombongan diajak untuk melihat langsung penerapan sistem ini di ruang pemantauan SISRUTE, Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Instalasi Pusat Jantung Terpadu (PJT). (Rep. AM)

Submitted by administrator on 2019-10-02 08:52:26