PERESMIAN DAN WORKSHOP CODE STROKE TEAM DI RSWS

Makassar, 18/10 - Direktur Utama RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Dr. dr. Khalid Saleh, Sp.PD-KKV, FINASIM, M.Kes meresmikan Tim Code Stroke (Code Stroke Team) yang dirangkaiakan dengan Workshop Trombolisis bertempat di Auditorium Pusat Jantung (PJT) Lt. 7, Jumat (18/10/2019). Proses peresmian ditandai dengan pemukulan gong yang dilasaksikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Jajaran Direksi RSWS, dan Ketua SMF Neurologi.

Direktur Utama dalam sambutannya mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Departemen Neurologi dan SMF merupakan langkah strategis dalam menghadapi kasus-kasus terkait penyakit stroke. Nantinya, mekanisme yang dijalankan harus memakai sistem yang baik, dan sekarang kita punya SISRUTE sebagai sistem yang digunakan secara nasional, jadi kita mengharapkan adanya sinergitas antara semua pihak dalam menjalankan sistem ini, baik RS Wahidin maupun dengan Fakultas.

Dirut menambahkan, ada dua hal yang nantinya menjadi problem yang harus diantisipasi. Pertama, ambulans perlu manajemen waktu yang baik karena butuh waktu untuk bergerak ditambah lagi dengan akses jalan raya yang terkadang macet. Kedua, pemeriksaan CT Scan yang harus segera dilakukan untuk itu diharapkan kepada petugas atau Tim, setelah ada informasi pasien akan dirujuk, maka semua tim harus bergerak secara otomatis karena triasenya tidak lagi seperti yang ssat ini kita lakukan, namun pasien langsung ke ruang radiologi untuk dilakukan CT Scan, "ucapnya.

Olehnya itu, kata Khalid perlu adanya simulasi terkait program ini karena sulit dilakukan jika tidak ada simulasi sebelumnya," imbuhnya. (Rep. AM)
 

Submitted by administrator on 2019-11-05 15:45:42