RSWS KIRIM 7 TIM TENAGA KESEHATAN KE LOMBOK

Makassar, (06/08) – Gempa yang meluluh lantakkan provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan memakan banyak korban, ini menarik simpati. Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo (RSWS), Fakultas Kedokteran Unhas, PPNI dan IKABI berangkat menuju NTB. Untuk membantu para korban yang membutuhkan penanganan medis.

Manajemen RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar telah mengirim 7 tenaga kesehatan yang tergabung dalam Tim 1 (Angkatan 1) yang dipimpin oleh dr. Mulawardi, Sp. BV (K). Mereka dilepas oleh Direktur Utama Dr. dr. Khalid Saleh, Sp. PD-KKV, FINASIM, M. Kes di ruang kerja Direksi, dalam pelepasannya Dirut berpesan agar disana tim kesehatan ini dapat bekerja maksimal dan pantang menyerah karena sebagai petugas kemanusiaan kita harus kekeh dan semangat membantu 24 jam non stop. Oleh karena itu, saya berharap mari tunjukkan bahwa tim yang diberangkatkan ini merupakan tim yang terlatih dan punya jam terbang sebagai tim kesehatan yang sudah terbiasa bekerja di lapangan, apalagi  saudara dr. Mula sebagai ketua tim kita percaya pasti sudah tahu medan tempur yang akan dilalui disana,” ungkap Khalid Saleh yang juga punya talent  mengatasi bencana Aceh, Jogja, Poso, Ternate dan berbagai daerah lainnya.

Tim kesehatan RSWS Peduli Lombok ini didampingi oleh beberapa dokter diantaranya internist, orthopedic, ahli keshatan anak, dokter umum dan perawat ahli yang dibekali obat-obatan dan logistik lainnya. Setiba disana tim kesehatan RSWS bergabung dengan tim kesehatan dari BSB, FK UMI, FK Unhas serta profesi PPNI Sul Sel serta unsur  dari Kementerian Kesehatan.

Kasubag humas RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Nuradzan, SKM, M.Kes mengungkapkan begitu tiba di Bandara International Lombok pukul 18.00, tim lanjut ke RS Provinsi Lombok.

“Di hari pertama juga langsung observasi RS, ruang Ok, serta pasien dilanjut koordinasi dan brefering dengan Dinas Kesehatan Provinsi”, jelasnya melalui pesan singkatnya, sabtu (11/08/2018).

Lanjutnya, tim bersama beberapa orang berangkat dari Makassar menuju Lombok, dihari pertama mereka langsung berkordinasi. Lalu pada hari berikutnya dibagi menjadi dua team yaitu team hospital dan tim pra hospital

Ia menambahkan team hospital diisi oleh Fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin, Ikabi pusat yang dipimpin oleh mantan rektor Universitas Hasanuddin Prof. dr. Idrus Paturusi.

“Sedang untuk team pra hospital di isi oleh RSWS, dan PSC Celebes menyisir dusun-dusun yang ada diLombok Utara yang tiap harinya ditargetkan 2-3 dusun,” tuturnya

Ditempat terpisah beberapa tim RSWS yang telah mengabdikan diri dan telah memberikan bantuan medis  Disana antara lain Perhimpunan profesi misalnya Dokter Ahli Gizi Klinik, Persagi dan komunitas profesi lainnya. (Rep. NA/AM)

Submitted by administrator on 2018-09-25 07:42:09