REVIU RSB HADIRKAN TIGA RUMAH SAKIT DAN DUA BALAI

Makassar, 02/08/2018. Rumah sakit yang berkinerja  dan  akuntabel  tidak hanya diukur dari pengukuran-pengukuran indikator saja melainkan  beberapa pelaksanaan dalam peraturan  perundang-undangan  yang berlaku juga menjadi penilaian, implementasi  pelaksanaannya dalam organisasi Rumah sakit. Akuntabilitas  kinerja rumah sakit adalah kewajiban rumah sakit untuk mempertanggung jawabkan  keberhasilan/kegagalan pelaksanaan visi dan misi rumah sakit dalam mencapai tujuan  dan sasaran yang telah ditetapkan, kata Dr. dr. Khalid Saleh, Sp.PD, KKV-FINASIM,M.Kes. Dirut Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo.

Maka salah satu upaya untuk meningkatkan  kinerja  dan akuntabilitas  rumah sakit. Adalah penataan system pengawasan internal rumah sakit untuk memastikan  efektifitas  system pengendalian intern pemimpin BLU membentuk satuan pemeriksaa intern (SPI), katanya.

SPI dalam membantu pimpinan bertugas  melaksanakan pemeriksaan AUDIT kinerja internal RS untuk itu dalam melaksanakan tugasnya secara maksimal sesuai tanggung jawab yang diemban guna menjamin terlaksananya pengelolaan keuangan dan kekayaan negara  secara efektif, efisien, ekonomis dan taat terhadap seluruh peraturan yang berlaku, kata  H. Hilmy, SE, MM ketua SPI Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo.

Untuk mencapai pengelolaan keuangan yang baik maka perlu dilakukan kerjasama yang baik antara SPI  dengan semua level  tingkat manajemen sebagai penyelenggara pengelola rumah sakit mulai dari perencanaan sampai  pada pelaksanaan operasional  rumah sakit, Katanya.

Pencapaian pengeloaan keuangan yang baik maka SPI membantu pimpinan melalui proses penilian kualitas  system pengendalian internal  pada setiap  tingkat  dan unit dalam struktur organisasi BLU termasuk pengawasan  intern sehingga dapat terlaksana secara optimal, harapnya.

Supaya tujuan dapat tercapai maka diadakan pendampingan penerapan SPIP pada RSUP . Dr. Wahididin Sudirohusodo  oleh BPKP Perwakilan Sul-Sel  (2/8/18) di PJT lantai 7. Dengan adanya pendampingan ini  maka diharapkan  terwujudnya system pengendalian  intern di RSUP . Dr. Wahidin Sudirohusodo  sebagai proses integral  pada tindakan  dan kegiatan yang dilakukan  secara  terus menerus  oleh pimpinan  dan  seluruh  pegawai  memberikan keyakinan yang memadai  atas tercapaianya tujuan organisasi   melalui kegiatan  yang efektif dan efisien, keadalan laporan keuangan, pengamanan asset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan, harapnya.

Submitted by administrator on 2018-09-25 07:46:56