EDUKASI DAN SOSIALISASI PENGELOLAAN DATA INDIKATOR MUTU DI UNIT KERJA DAN KSM DI RSWS

Rabu 19/09/2018 Sebagai upaya untuk mengukur  indikator mutu yang real time melalui data yang akurat maka  manajemen RSWS dibawah kendali Komite Mutu Dan Keselamatan Pasien mengadakan kegiatan Edukasi dan Sosialisasi Pengelolaan Data Indikator Mutu selama 2 hari di Auditorium Pusat Jantung Terpadu RSWS Makassar, acara ini dikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari para kepala unit pelayanan dan satuan kerja dengan menghadirkan narasumber Dr.dr. Hervita, Sp.KJ (K) .

Acara ini sangat meriah dan penuh antusias peserta yang dibuka oleh Direktur Pelayanan Medik Dan Keperawatan Prof dr. Mansyur Arif, Ph.D, Sp.KK , di awal  sambutannya  menyampaikan terima kasih kepada narasumber Dr.dr. Hervita atas kesediaannya yang kesekian kalinya memenuhi undangan kami untuk membagi ilmu dan mengedukasi kepada kita semua, saya berharap agar semua teman sejawat dan para tim pencari data dan evaluator dapat memanfaatkan dengan baik pertemuan 2 (dua) hari ini, pertemuan ini saya kira dapat menambahkan semangat dan spirit kita untuk selalu berbuat positif terhadap organisasi, mari kita tumbuhkan budaya kerja  yang bermutu, bukan hanya karena mau akreditasi kita sibuk tapi ini merupakan kebiasaan dan budaya kerja kita sebagai bagian dari agent of change tutur Direktur yang penuh energik ini.

Dihari pertama para peserta mendapat materi tentang Indikator Mutu Jaman Now, dalam uraian Hervita menjelaskan Indikator mutu tidak terlepas dari 3 parameter yakni Standar, Mutu dan Indikator itu sendiri, karena sebuah organisasi harus senantiasa diukur mutu atau kualitasnya apalagi rumah sakit sebagai industri pelayanan jasa contoh kalau pelayanan kita disebut bermutu apabila  capaian standar telah terpenuhi dan kesemuanya itu akan diukur secara real time yang dikuatkan databased yang akurat. Saat ini kita perlu implementasi yang massif karena secara teori dan di atas kertas kita sudah ketahui bersama dan posisi RSWS yang sudah terakreditasi paripurna oleh KARS dan akreditasi dan reakrediatsi JCI  sudah diraih oleh rumah sakit ini apalagi sudah ada tim yang dibentuk Cuma kedepannya dibutuhkan monev untuk melihat efektifitas dan efeisiensi tugas tim yang dipercayakan, Ciri organisasi bermutu kata Hervita minimal memenuhi unsur-unsur Memahami akan tugasnya, tahu peranannya dan petugas tersebut Mencintai Data ujar Hervita yang juga Ketua Komite Mutu Dan Keselamatan Pasien RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta.

  Dihari kedua peserta mendapatkan ilmu terkait dengan pengalaman RSCM dalam melakukan perhitungan indikator mutu dan pemutakhiran data sampai kepada melakukan monitoring evaluasi.  Di hari kedua ini dihadiri oleh penanggung jawab mutu kelompok staf medis serta para KSM di RSWS dengan materi Pengelolaan Indikator Kinerja staf Medis yaitu indicator asupan pasien (Patient Care Indicator) dan Penetapan indikator  Prioritas Patient Care. (rep. NA-Adhi)

Submitted by administrator on 2018-09-25 07:52:14