SETIAP 8 JAM TIM BENCANA RSWS BRIEFING

Makassar, 10/10 – Sehari setelah terjadi gempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala Sulawesi Tengah dan sekitarnya, ratusan korban dirujuk ke RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar untuk mendapatkan penangan lebih lanjut. Hingga kini jumlah pasien yang dirawat per hari ini Rabu, (10/10/2018) jam 08.30 Wita yaitu 264 orang dirawat, pria: 107 orang, Wanita: 157 orang. Dinyatakan sembuh/rawat jalan: 163 orang, masih dalam perawatan sebanyak 97 orang, dan dinyatakan meninggal dunia: 4 orang. Rincian nama dan kondisi pasien serta tempat perawatannya dapat dilihat pada laman website RSWS.

Saat ini tim relawan telah berdatangan dari berbagai institusi, diantaranya Tim Teknis Kefarmasian sebanyak 12 orang, Tenaga Perawat sebanyak 27 orang, Tenaga Dokter sebanyak 3 orang, Relawan Praktisi Jiwa sebanyak 17 orang, jadi total jumlah relawan yang bertugas di RSWS sebanyak 59 orang.

Diantara relawan tersebut dari RS Paru Dr. H. A. Rotinsolo Bandung mengirimkan 4 orang, PMN RS Mata Cicendo Bandung 4 orang, RS Stroke Nasional Bukit Tinggi 5 orang, RSPI Sulianto Saroso Jakarta 3 orang, PABOI Cabang Kalsel dan Kalteng 6 orang, Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia Wilayah Provinsi Sulsel sebanyak 17 orang.

Ditempat terpisah bantuan logistik juga terus berdatangan dari masyarakat dalam dan luar kota Makassar, hingga saat ini telah ditampung di lantai dasar gedung Infection Center . bantuan yang datang berupa pakaian layak pakai, makanan dan minuman, serta bantuan alat seperti tongkat untuk pasien fraktur.

Prof. dr. Mansyur Arif, Ph. D, Sp. PK(K) selaku Direktur Medik dan Keperawatan sekaligus sebagai Komandan Bencana, setiap 8 jam sehari melakukan briefing dengan seluruh tim bencana. Jadwal briefing dilakukan dua kali sehari  pada pagi dan sore hari, serta melakukan jumpa pers di ruangan Media Center RSWS IGD Lt. 3.

Briefing ini dimaksudkan untuk melakukan koordinasi dan mendengarkan laporan dari semua tim sekaligus menyusun rencana tindak lanjut dalam penangan pasien korban gempa Palu dan Donggala yang dirawat di RSWS. Sekedar diketahui bahwa saat ini jumlah pasien yang telah dilakukan operasi sebanyak 47 orang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 28 orang wanita. (Rep. NA/AM)

Submitted by administrator on 2018-10-11 08:57:20