PERINGATI HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) KE 54, RSWS GELAR UPACARA

Makassar, 12/11 – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54  setiapa tanggal 12 November 2018, RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar menggelar  upacara di pelataran parkir Infection Center, Senin (12/11). Upacara ini diikuti oleh seluruh Jajaran Direksi, Pejabat Struktural dan Fungsional serta staf dan pegawai lainnya.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Direktur Utama Dr. dr. Khalid Saleh, Sp. PD-KKV, FINASIM, M. Kes. Khalid membacakan pidato seragam Menteri Kesehatan RI menyampaikan bahwa Hari Kesehatan Nasional yang kita peringati setiap tanggal 12 November tahun ini mengambil tema “Aku Cinta Sehat”, dengan subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita”. Tema ini sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), yang menekankan pada upaya promotif dan preventif sebagai pendekatan pembangunan kesehatan.

Lebih lanjut Khalid menyampaikan, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017, GERMAS pada dasarnya adalah pendekatan kerjasama, kolaborasi, dan integrasi seluruh pelaku pembangunan baik pemerintah maupun swasta untuk melihat kesehatan sebagai investasi bangsa, guna meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas bangsa, “ucapnya.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan juga telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga untuk memperkuat manajemen puskesmas dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dalam kesempatan ini juga, Khalid menyampaikan terkait Indonesia sedang menghadapi transisi epidemologi. Terkait dengan penyakit, kita menghadapi tiga beban penyakit (triple burden of diseases). Sementara yang terkait dengan masalah gizi, Indonesia menghadapi beban ganda (double burden of nutrition problem), yaitu under-nutrisi dan over-nutrisi, “ungkapnya.

Diakhir pidatonya, Khalid mengajak kepada semua peserta upacara yang hadir untuk menggelorakan peringatan Hari Kesehatan Nasional sebagai wahana sosialisasi pembangunan kesehatan dan edukasi kepada masyarakat. Disamping itu mari kita semua senantiasa mengenang jasa para pejuang pembangunan kesehatan, meneladani semangat dan pengabdiannya serta mendoakan agar pahlawan kesehatan mendapat tempat yang layak disisi Tuhan Yang maha Esa, “tuturnya.

Pada kesempatan lain, rangkaian HKN dilaksanakan secara sederhana sesuai dengan tema HKN ke 54 tahun 2018 ini, yaitu berfokus pada edukasi/penyuluhan kesehatan yang diselenggarakan oleh Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (UPKRS) RSWS dengan sasaran edukasi kepada komunitas-komunitas yang ada di Kota Makassar.

Ke depan RSWS akan memperbanyak kegiatan edukasi kepada pasien berupa pembinaan. RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar sebagai rumah sakit  pengampuh baik rumah sakit rujukan maupun kepada semua elemen masyarkat, sehingga  kegiatan ini dapat menopang dan sejalan dengan  program pemerintah yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). (Rep. NA/AM)

 

Submitted by administrator on 2018-11-19 13:46:41