MOMENTUM HARI KESEHATAN NASIONAL KE 54 DAN HARI DIABETES SE DUNIA, RSWS GELAR CERAMAH ILMIAH DAN PEMERIKSAAN GULA DARAH

Makassar, 15/11 – Momentum memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 dan Hari Diabetes se Dunia (World Diabetes Day), Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (UPKRS) RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar menggelar Ceramah Ilmiah dan Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu bertempat di Ruang Pertemuan Diklat IGD Lantai 3, Rabu (14/11).

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara UPKRS Wahidin Sudirohusodo dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Departemen Ilmu Kesehatan Anak dan Departemen Patologi Klinik UNHAS.

Acara diawali dengan sambutan sekaligus membuka acara oleh Direktur Utama RSWS Dr. dr. Khlaid Saleh, Sp. PD-KKV, FINASIM, M. Kes.

Dalam sambutannya Khalid mengapresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya acara ini. Oleh karena keperihatinan kita terhadap anak-anak kita yang masih sangat belia namun mereka harus menderita penyakit diabetes. Tentu ini menjadi perhatian dan tanggung jawab kita bersama sebagai Instansi Kesehatan untuk memberikan pengobatan dan edukasi kepada masyarakat akan bahaya penyakit diabetes, bukan hanya menyerang orang dewasa tapi juga menyerang dan anak-anak dan remaja, kata Khalid dihadapan para peserta.

Lebih lanjut Khlaid menyampaikan bahwa tentu yang paling berperan untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes pada anak ini adalah orang tua disamping peran rumah sakit. Sebab orang tualah yang paling dekat dan paling tau tentang kondisi anak-anaknya. Oleh karena itu mari kita sama-sama mencegah dari dini dengan mengatur pola makan dan meningkatkan gaya hidup sehat di lingkungan rumah dan tempat tinggal kita masing-masing,” ujarnya.

Tampil sebagai narasumber yaitu dr. Ratna Dewi Artati, Sp. A(K) Kepala Instalasi Lontara 4 dan Mother and Child membawakan materi tentang Diabetes Melitus pada Anak dan Remaja. Sementara narasumber lainnya yaitu dr. A. Yasmin Syauki, M. Sc, Sp. GK membawakan materi tentang Nutrisi Pada Diabetes Melitus Tipe 1 Pada Anak.

Nampak peserta begitu antusias mengikuti setiap pemaparan dan penjelasan dari para narasumber yang didominasi oleh para anak-anak penderita Diabetes Melitus Tipe 1 yang didampingi oleh orang tua masing-masing.

Selain materi, peserta berkesempatan melakukan tes gula darah sewaktu secara gratis. Peserta yang telah melakukan check up mendapatkan bingkisan menarik dari panitia pelaksana. (Rep. AM)

 

Submitted by administrator on 2018-11-19 13:50:51