KOMISI IX DPR-RI TINJAU PENERAPAN SISRUTE DI RSUP DR WAHIDIN SUDIROHUSODO

Makassar, 19/11 – Anggota Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham meninjau terkait  penerapan Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (SISRUTE) di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Dalam kunjungannya tersebut, Aliyah Mustika diterima langsung oleh Direktur Utama RSWS Dr. dr. Khalid Saleh, Sp. PD-KKV, FINASIM, M. Kes di Instalasi Gawat Darurat, Sabtu (17/18).

Dihadapan Aliyah Mustika, Khalid memaparkan tentang sistem kerja Sisrute yang diterapkan oleh RS Dr Wahidin Sudirohusodo.

Menurutnya, SISRUTE dibangun untuk menyelesaikan masalah yang sering kali terjadi terkait masalah rujukan. Paling tidak ada tiga masalah yang harus diselesaikan, yang pertama pasien yang ditolak oleh rumah sakit. Kedua, akses masuk rumah sakit  yang dianggap sulit. Dan ketiga, pelayanan di IGD yang dianggap lamban,” ungkap Khalid.

Lebih lanjut Khalid menambahkan bahwa prinsip SISRUTE yakni komunikasi yang baik antar rumah sakit. "Prinsipnya adalah membangun komunikasi antara rumah sakit, antara rumah sakit perujuk dan  rumah sakit penerima rujukan.  Setelah ada rujukan masuk, ada notifikasi yang masuk dan dalam waktu lima menit sudah harus dijawab," katanya.

Olehnya itu, Khalid menambahkan bahwa dengan adanya Sisrute ini semakin memudahkan pasien untuk dirujuk ke rumah sakit dan mendapatkan pelayanan. Baik itu pasien dengan jaminan BPJS atau pasien umum, pelayanannya tetap sama, meskipun kalau dilihat datanya sebagian besar adalah pasien BPJS,” ujarnya.

Sementara itu, Aliyah menyampaikan dirinya tertarik ingin menerapkan pelayanan Sisrute di rumah sakit lainnya. "Ini sangat baik karena semua pasien layak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di seluruh rumah sakit, dan Sisrute ini kita optimis akan mampu merealisasikannya," katanya.

Aliyah menambahkan bahwa, terkait pasien yang akan dirujuk rumah sakit, RS perujuk harus mampu memberikan pengertian bahwa penanganan terkait penyakitnya harus dilakukan di rumah sakit tersebut misalnya RS Wahidin, “ ujarnya

Pada kesempatan ini juga, Aliyah menyempatkan untuk melihat langsung kondisi beberapa pasien yang dirawat di IGD. Seperti pasien yang dirawat di ruang IGD Bedah, IGD Anak, dan pasien yang dirawat di ruang Brain Center. (Rep. AM)

 

 

Submitted by administrator on 2018-11-19 06:58:48