PERTEMUAN SPIP DI RS WAHIDIN MENGHADIRKAN TIM BPKP

Makassar, 13/12 – Menjelang akhir tahun RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar mengadakan pertemuan Penerapan SPIP (Sistem Pengendalian Instansi Pemerintah) dengan menghadirkan narasumber dari BPKP yakni Beny Amran, SE dan M. Taufik Cadiaman selaku Auditor Madya BPKP. Pertemuan tersebut berlangsung di ruang Auditorium Pusat Jantung Terpadu (PJT) Lt. 7 yang dihadiri oleh Pejabat Struktural dan Fungsional, Kamis (13/12).

Diawali dengan sambutan oleh Direktur SDM dan Pendidikan Drs. Jintan Ginting, Apt, M. Kes. Dalam sambutannya Ginting menyampaikan bahwa pertemuan ini sangat dibutuhkan dan diharapkan berkelanjutan. Oleh karena itu saya merespon positif sebab sosialisai tentang penngendalian dan pengawasan sangat dibutuhkan oleh Satker dimana pengendalian merupakan ranah manajemen dan pengawasan merupakan ranah institusi audit eksternal misalnya Itjen, BPKP dan KAP (Konsultan Akuntan Publik).

Pada kesempatan yang sama mewakili tim BPKP, M. Taufik Cadiaman turut membawakan sambutan pada kesempatan kali ini. Taufik menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan merespon positif adanya kegiatan RSWS untuk menerapkan  PMK 200 Tahun 2017 tentang Penerapan SPIP.

BPKP sebagai Pembina bertugas untuk mengawal kebijakan dan aturan dibidang pengawasan, semoga saja RSWS bisa menjadi proyek percontohan di seluruh Satker dalam analisis risiko dan pengendalian .Kita upayakan satu saja cukup dan bertahap, karena setiap kegiatan pasti ada tujuan dan setiap tujuan berpotensi memiliki risiko yang kemungkina bisa terjadi dan disinilah peran BPKP sebagai Pembina,” kunci Taufik

Usai sambutan dan pemaparan materi dilanjutkan dengan panel diskusi dan tanya jawab tentang Finalisasi Pendampingan Penerapan SPIP. Diantara narasumbernya yaitu Beny Amran, SE bersama Ketua SPI RSWS Hilmy, SE, MM yang didampingi oleh Kepala Instalasi Farmasi. Sementara drg. Ismar, M. Kes sebelumnya telah memaparkan hasil dari Penerapan SPIP Tahun 2018 pada Instalasi Farmasi. Diskusi berjalan seru dan menarik, ditandai antusisasme dari para peserta.

Acara diakhiri dengan penyerahan laporan hasil Penerapan SPIP Tahun 2018 dalam Bentuk Rencana Tindak Pengendalian atas Risiko pada Instalasi Farmasi  RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar dan dilanjutkan dengan foto bersama. (Rep. NA/AM)

 

 

Submitted by administrator on 2018-12-13 15:46:02