SEMINAR SEHARI RADIOLOGI HADIRKAN PEMBICARA DARI LIBANON

Makassar, 28/01 – Instalasi Radiologi RSUP Dr. Wahidin sudirohusodo Makassar sukses menggelar Seminar Sehari  dengan tema Optimalisasi Parameter MSCT Injeksi Kontras Media yangmenghadirkan narasumber dari Libanon, Mr. Charbel Saade, Ph. D (Program Coordinator and Assistant Professor). Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Perhimpunan Radiografer Indonesia (PARI) Pengda Sulsel bertempat di ruang Diklat IGD Lt. 3, Jumat (25/01).

Hadir dalam memberikan sambutan sekaligus membuka acara Direktur Medik dan Keperawatan Prof. dr. Mansyur Arif, Ph.D, Sp.PK (K). Dalam sambutannya Prof. Mansyur sangat mengapresiasi dan men support acara seminar ini, sebab sangat jarang dilakukan khususnya bagi RS yang ada di daerah. Dengan adanya seminar yang dilaksanakan oleh RS Wahidin memberikan kesempatan bagi RS lain untuk ikut berpartisipasi dan mengambil ilmu yang sebanyak-banyaknya lewat narasumber nantinya yang didatangkan langsung dari luar negeri,“ tuturnya.  

Peserta yang hadir sekitar 50 orang terdiri dari perwakailan radiografer rumah sakit yang ada di Makassar dan rumah sakit daerah di Sulawesi Selatan. Sesuai jadwal acara seminar ini diagendakan sampai pukul 17.00 Wita. Selain pemaparan materi peserta akan diajak untuk praktik langsung ke ruang radiologi yang dipandu dan dibimbing langsung oleh Mr. Charbel bersama petugas radiologi RSWS.

Menurut Purwanto, Dipl. Rad, S. Si selaku Kepala Pelayanan Radiologi RSWS menyampaikan bahwa tujuan dari seminar radiologi ini adalah sacara umum untuk berbagi (sharing) tentang perkembangan teknik pemberian kontras pada tindakan MSCT, namun secara khusus paling tidak ada dua resiko yang ingin kita pecahkan  yang pertama, mengelolah pemberian iodine pada pasien sebab penggunaan iodine yang tidak tepat akan menimbulkan resiko kerusakan ginjal. Kedua, untuk mengelolah atau mengatur volume kontras dengan pemberian dosis yang serendah mungkin namun tetap menghasilkan gambar yang baik dan diagnosa pasien tetap terjaga, “ jelas Purwanto saat ditemui di ruangannya.

Lebih lanjut Purwanto mengharapkan bahwa nantinya dengan adanya seminar ini para peserta diharapkan sudah mampu melakukan tindakan CT dengan menggunakan kontras, agar kedepan RS lain yang merujuk pasien ke RS Wahidin hasil foto atau CT Scannya sudah standar sehingga tidak perlu lagi dilakukan tindakan CT atau foto ulang. Hal ini tentunya terkait dengan efisiensi waktu dan efisiensi biaya serta keselamatan pasien,” jelasnya

Sebagai follow up dari kegiatan ini, nantinya para peserta bisa langsung konsultasi atau melakukan pelatihan di ruang radiologi dan RS Wahidin sebagai inisiator siap memfasilitasi baik itu dari sarana dan prasarana maupun SDM yang tersedia, karena kedepannya kita ingin membangun dan menguatkan jejaring yang lebih luas, ” tutup Purwanto

Sementara itu, menurut salah seorang peserta, Suhaena dari RSU Daya Makassar mengatakan bahwa sangat senang dan bangga bisa mengikuti seminar radiologi ini karena setidaknya dapat ilmu baru mengenai CT kontras sebab di RS Daya belum ada CT kontras apalagi pematerinya dari luar negeri, “ katanya saat dihubungi usai seminar.

(Rep. AM)

 

 

Submitted by administrator on 2019-02-01 08:53:48