SEMARAK WORLD CANCER DAY (WCD) SEMAKIN “MENDUNIA” DI KOTA DAENG

   

Makassar, 04/02 – Memperingati Hari Kanker se Dunia (World Cancer Day) yang jatuh pada tanggal 4 Februari tiap tahunnya, RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar menggelar Semarak WCD yang dirangkaikan dengan Hari Gizi Nasional ke 59 berlokasi di Car Free Day (CFD) Jl. Boulevard Panakukang Makassar, Minggu (03/02).

Rangkaian kegiatan semarak WCD diantaranya Senam Sehat, Edukasi Kesehatan Gratis dan Pemeriksaan Komposisi Tubuh Gratis termasuk pemeriksaan gizi anak. Ratusan peserta baik masyarakat awam ataupun dari berbagai lembaga dan komunitas hadir memenuhi CFD dengan mengenakan kostum yang bertemakan WCD 2019. Diantaranya Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) Cabang Sulsel, Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI), dan Himpunan Masyarakat Peduli Elgeka serta komunitas lainnya. Ini menandakan bahwa animo dan kepedulian masyarakat terhadap penyakit kanker dan  penderitanya semakin “mendunia” khususnya di Kota Daeng, Makassar.

Direktur Utama RSWS Dr. dr. Khalid Saleh, Sp. PD-KKV, FINASIM M. Kes beserta Jajaran Direksi lainnya pun turut hadir menyemarakkan peringatan WCD kali ini. Sementara itu, turut memeriahkan juga semarak peringatan WCD ini, Direktur Utama RSK Kanker Dharmais Jakarta Prof. dr. Abd. Kadir, Ph. D, Sp. THT(K) yang notabene merupakan Direktur Utama RSWS pada masanya.

Menurut Khalid bahwa kegiatan ini tentunya merupakan bentuk kepedulian  kita terhadap penderita kanker dengan harapan dapat membangkitkan semangat mereka untuk tetap survive dan sembuh dari penyakit kanker ini. Disamping itu kita juga berharap kepada  masyarakat untuk menjaga kesehatan dan juga agar masyarakat dapat mengetahui bagaimana sebenarnya  bahaya dari penyakit kanker itu,” ucap Khalid saat ditemui disela-sela acara.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk merutinkan olahraga disamping itu melakukan pemeriksaan kesehatan secara dini. Karena menurut pengalaman membuktikan bahwa penyakit kanker jika dilakukan deteksi dini, maka penanganannya akan lebih mudah dan lebih baik dibandingkan yang sudah lama (kronis),” tutur Khalid.

Ditempat terpisah semarak peringatan Hari Kanker se Dunia juga dilakukan di lingkungan RS Wahidin Sudirohusodo. Kegiatan ini diinisiasi oleh Perhimpunan Onkologi Indonsia (POI) Cabang Sulsel yang diketuai oleh Prof. Dr. dr. Syahrul Rauf, Sp. OG (K). Diantara kegiatannya adalah Edukasi kepada pasien dan keluarganya di Poli Mother and Child Center dan rawat inap serta bagi-bagi bingkisan untuk pasien kanker baik dewasa maupun anak-anak. (Rep. AM)

Submitted by administrator on 2019-02-11 02:33:05