LAYANAN ONE DAY CARE KEMOTERAPI RESMI DI LAUNCHING DI RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

Makassar, 04/03- Layanan One Day Care (ODC) kemoterapi resmi diluncurkan (launching) di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Wahidin Sudirohusodo, Senin (04/03).

Peresmian digelar di gedung Poliklinik Hematologi Onkologi Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Jl. Perintis Kemerdekaan KM 11, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar.

Launching layanan ODC ditandai dengan pengguntingan pita di ruang perawatan secara simbolis, oleh Direktur Utama RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo, Dr dr Khalid Saleh, Sp.PD, KKV-FINASIM, M.Kes didampingi oleh Direktur Medik danKeperawatan bersama Direktur Umum dan Operasional.

Layanan ODC tersebut diperuntukkan bagi pasien kemoterapi yang tidak perlu dirawat inap. Misalnya kemoterapi bagi pasien kanker, hemofilia A dan B, dan juga talasemia.

"Layanan ODC ini diluncurkan agar pasien dapat mendapat pelayanan secara cepat dan maksimal. Memang ada pasien yang harus rawat inap, tetapi ada pula yang hanya rawat jalan, makanya ODC ini hadir untuk memberikan kemudahan kepada pasien," ujar dr. Khalid Saleh.

Lanjut Khalid, ke depan pihaknya akan mengupayakan ruangan yang lebih representative buat melayani pasien, khususnya kemoterapi.

Launching ODC kemoterapi kata dia, juga merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-26 RSUP Wahidin, yang diperingati pada tanggal 20 Maret mendatang.

Sementara itu, Penanggungjawab Layanan ODC Kemoterapi RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo, Dr. dr. Tutik Harjianti, Sp.PD, KHOM-FINASIM mengatakan,kehadiran layanan ODC sangat membantu pasien. Pasalnya, kata dia, pasien tidak perlu lagi antri, serta waktu yang dibutuhkan relatif singkat.

"Layanan ODC inimemangbuatpasien yang harus menjalani pemeriksaan rutin dengan waktu yang lebih singkat. Misalnya hemofilia A dan B, talasemia, kanker, dan lainnya," tuturnya.

Dengan layanan ODC, tambah dr Tutik, pasien dapat langsung beraktifitas tanpa perlu di rawat inap, jadi lebih ekonomis.

Jadwal pelayanan ODC ini buka setiap hari Senin-Jumat atau setiap hari kerja mulai pukul 08.00-16.00 Wita.

"Untuk sementara kita ada tiga ruang perawatan ODC, serta memiliki dokter dan perawat yang memang memiliki kompetensi dalam pelayanan kemoterapi," tutupnya. (Rep. AM)

 

 

Submitted by administrator on 2019-03-05 01:33:06