DIREKTUR UTAMA RSUP WAHIDIN SUDIROHUSODO DORONG PENINGKATAN KOMPETENSI ATLM

  

Makassar, 01/04 – Forum Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar bekerjasama dengan  Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) Wilayah Sulsel menggelar Semiloka Imunologi dan Biomolekuler bertempat di Hotel Horison Ultima, Jl. Jend. Sudirman No. 24 Makassar, Sabtu (30/03/19).

Sekitar 250 peserta mengikuti semiloka ini terdiri dari rumah sakit pemerintah, swasta, laboratorium kesehatan, lab klinik swasta, balai kesehatan serta instansi pendidikan analis kesehatan yang sebagian besar berasal dari Sulawesi Selatan bahkan ada juga yang berasal dari luar Sulsel yang berlatar belakang ATLM, Mahasiswa dan praktisi laboratorium.

Pemeriksaan laboratorium sangat diperlukan dalam pelayanan kesehatan. Laboratorium memiliki peran penting dalam pelayanan kesehatan. Diperkirakan sekitar 70-80% keputusn medis ditentukan oleh hasil laboratorium. Untuk itu Forum ATLM Analis Laboratorium RSWS sebagai wadah untuk membahas masalah teknis pemeriksaan menyelenggarakan seminar dan workshop setiap tahunnya yang tentu saja dengan update ilmu laboratorium. Demikian yang disampaikan Sumitro Rahman, SKM, M. Kes selaku Koordinator ATLM Laboratorium Patologi Klinik sekaligus ketua panitia yang juga sebagai narasumber pada semiloka kali ini.

Hadir membawakan sambutan sekaligus membuka acara Direktur Utama RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Dr. dr. Khalid Saleh, Sp. PD-KKV, FINASIM, M. Kes. Dalam sambutannya Khalid menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan-kegiatan ilmiah yang dilaksanakan oleh Forum ATLM RSWS selama kurun waktu 2 tahun terakhir,” ucapnya

Lebih lanjut Khalid mengatakan bahwa besar harapan kami agar Forum ATLM terus mengadakan secara rutin agar tercapai tujuan ATLM yaitu meningkatkan pengetahuan dan skill dalam pelayanan laboratorium baik internal maupun eksternal.

“Sebagai pimpinan RSWS saya mendukung kegiatan-kegiatan yang mendorong peningkatan kompetensi ATLM agar pelayanan di Laboratorium betul-betul sesuai standar,” tutur Khalid mengakhiri sambutannya.

Sementara menurut Ketua DPW Patelki Sulsel, Muh. Idris Mone, SKM, M. Kes yang juga sebagai narasumber menambahkan bahwa ATLM sebagai pemberi pelayanan kesehatan harus menjaga moral sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Selain itu harus senantiasa memperbaharui STR nya sebelum masa berlakunya habis.

Tampil sebagai narasumber lainnya diantaranya Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D (Wakil Rektor IV Universitas Hasanuddin), Prof. dr. Mansyur Arif SpPK(K), Ph.D (Direktur Medik dan Keperawatan RSWS), dr. Uleng Bahrun, SpPK(K), Ph.D (Ketua Staf Medik Fungsional Patologi Klinik RSWS), dr. Asvin Nurulita, M. Kes, SpPK (Kepala Instalasi Lab. Patologi Klinik RSWS), Kartini Ansar, AM.d, AK, SKM (Koord. Logistik Lab Patologi Klinik RSWS), dan Mantasia, SKM, M. Kes (Ketua Tim Mikrobiologi Lab Patologi Klinik RSWS).

Selain materi semiloka, para mitra dan sponsor acara juga berkesempatan untuk menyampaikan materi break sekaligus kuis untuk para peserta dan pembagian doorprize. (Rep. AM)

 

 

 

Submitted by administrator on 2019-04-02 03:58:44