PELAYANAN RADIOLOGI HARUS BEBAS DARI KTD

 

Makassar, 01/04 – Seminar dan Workshop Radiologi yang bertajuk Safety Service Standard on Radiognostic Imaging and Interventional terselenggara atas kerjasama Instalasi Radiologi dengan Perhimpunan Radiografer Indonesia (PARI) Pengda Sulsel dan Aliansi Fisikawan Medik Indonesia (AFISMI) DPW Sulsel yang digelar mulai tanggal 30-31 Maret 2019 bertempat di Hotel Dalton, Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 16 Makassar yang turut dihadiri oleh Direktur SDM dan Pendidikan, Drs. Jintan Ginting, Apt., M. Kes, dan Direktur ATRO Makassar berlangsung semarak. Selain materi para peserta juga disuguhkan dengan persembahan tarian pembuka empat etnis di Sulawesi Selatan dari sanggar seni mahasiswa kampus ATRO Makassar.  

Direktur Utama RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Dr. dr. Khalid Saleh, SpPD-KKV, FINASIM, M. Kes selaku yang membawakan sambutan sekaligus sebagai narasumber pada seminar ini mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tahunan ini.  Menurutnya, peningkatan pengetahuan (knowledge) perlu dilakukan seiring perkembangan zaman dan ilmu terkonologi. Kegiatan ini adalah kegiatan nasional yang patut untuk ditingkatkan,” tuturnya

Khalid menambahkan bahwa pelayanan radiologi khususnya yang melibatkan manajemen dan praktisi radiologi harus diperhatikan dan perlu dibangun sinergi dan regulasi yang baik untuk standar keselamatan pasien agar pelayanan bebas dari Kejadian Tidak Diharapkan (KTD).

Perlu diketahui bahwa instalasi radiologi itu padat ilmu, padat profesi, padat mutu dan padat resiko. Maka perlu kehati-hatian dalam pelayanan radiognostik kepada pasien, harus mengandung norma-norma keselamatan pasien,” jelasnya menutup sambutan dihadapan para praktisi radiologi dari berbagai rumah sakit di Indonesia.

Turut hadir sekaligus sebagai narasumber, Ketua PDSRI Wilayah Timur dan Kepala Departemen Radiologi FK Unhas  Prof. Dr. dr. Bachtiar Murtala, Sp. Rad (K), Ketua Umum PARI Sugianto S. Pd., M. App, Sc(MRI), Ketua Umum AFISMI Supriyanto A. Pawiro, M. Si., Ph. D dan Rini Shintawati, S. Si., MBS, FM, Sp. IKN.

Menurut Eko Atmojo, S. Si selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan ini  sebagai bentuk  apresiasi terhadap  peringatan HUT RSWS yang ke 26 yang akan menjadi agenda tahunan dari Instalasi Radiologi bahwa pada setiap HUT RSWS kami rangkaikan dengan seminar dan workshop ilmiah dari berbagai profesi dan disiplin ilmu untuk bersama-sama belajar dan menambah wawasan serta sharing ilmu pengetahuan yang menunjang pelayanan kesehatan yang lebih maju di rumah sakit dan pelayanan kesehatan lainnya.

Tema yang diangkat didasarkan bahwa pada setiap pelayanan kesehatan ada potensi resiko bahaya yang dapat merugikan pasien untuk itu diperlukan upaya-upaya untuk mencegah dan mengurangi resiko tersebut. Untuk itu perlu program atau standar keselamatan pada pasien yang dapat memberikan jaminan keselamatan pada pasien yang menjalani pelayanan kesehatan di radiologi,” jelasnya saat menyampaikan laporan selaku panitia penyelenggara.

Sementara itu, Purwanto Dipl. Rad., S. Si.,M.Si.,M.Kes selaku Kepala Pelayanan Radiologi RSWS sekaligus narasumber menambahkan bahwa ditahun kedua ini kita beranjak kepada standar secara komprehensif, tahun depan kita sudah siapkan kegiatan seperti ini dan temanya sudah kita tentukan yaitu sebagai bocoran terkait Standar Mutu Pelayanan radiologi,” ungkapnya (Rep. AM)

Submitted by administrator on 2019-04-02 16:21:36