RSUP DR WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR RUTINKAN AKSI DONOR DARAH

  

Makassar, 03/07 – Untuk kesekian kalinya RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar melalui Bidang Penunjang Direktorat Medik dan Keperawatan menyelenggarakan Aksi Donor Darah bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Provinsi Sulawesi Selatan yang diikuti oleh sekitar 200 orang yang terdiri dari pegawai dan masyarakat umum  bertempat di Auditorium Pusat Jantung Terpadu (PJT) Lt. 7, Rabu (03/07/2019).

Sebelum aksi donor darah berlangsung acara diawali dengan pembukaan oleh Direktur Medik dan Keperawatan Prof. dr. Mansyur Arif, Ph. D, Sp. PK(K).  Kegiatan ini adalah aksi yang rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali. Perlu diketahui bahwa kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan yang bukan hanya skala nasional namun juga sudah menjadi skala internasional, dimana hari donor darah sedunia diperingati setiap tanggal 14 Juni tiap tahunnya, hal tersebut disampaikan oleh Prof. Mansyur saat membawakan sambutan.

Prof. Mansyur menambahkan bahwa menurut data WHO jumlah pendonor diseluruh dunia mencapai 120 juta orang, sedangkan di Indonesia hanya mencapai 5 juta pendonor. Data menunjukkan bahwa partisipasi donor di negara maju hampir 25% lebih tinggi dibanding di Negara-negara berkembang yang masih kurang partisipasinya dalam kegiatan donor darah. Angka tersebut masih jauh dari jumlah kebutuhan darah secara nasional diseluruh fasilitas kesehatan. Jumlah ini bahkan masih defisit setengah juta tiap tahunnya terhadap kebutuhan stok darah,” paparnya

“Khusus di Makassar juga masih mengalami kekurangan stok yg disuplai dari  PMI dan UTD. Ke depannya kita  berharap partisipasi dan kepedulian masyarakat untuk ikut dalam kegiatan donor darah ini semakin meningkat  agar kebutuhan darah bisa terpenuhi, ” tutur Prof. Mansyur mengakhiri sambutannya.

Pada aksi donor kali ini terkumpul sebanyak 199 kantong darah. Para peserta yang telah mendonorkan darahnya diberikan suplemen untuk mengembalikan staminanya dan juga berhak mendapatkan bingkisan indah dari panitia sebagai ucapan terima kasih. (Rep. AM)

Submitted by administrator on 2019-07-03 15:21:32