KEMRISTEK DIKTI TEKANKAN KUNCI ACADEMIC HEALTH SYSTEM (AHS) PADA KOORDINASI DAN KOLABORASI

  

Makassar, 08/07 – Monitoring dan Evaluasi Academic Health System diselenggarakan di Auditorium Pusat Jantung Terpadu (PJTT) lt. 7, Senin (8/7/2019) atas kerjasama RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo dan FK Unhas yang bertujuan, Pertama, memastikan ketercapaian target implementasi Academic Health System (AHS). Kedua, memberikan alternatif solusi terhadap tantangan/kendala implementasi AHS. Ketiga, membahas isu-isu strategis yang perlu difasilitasi oleh Komite Bersama, sebagaimana diungkapkan Prof. Dr. dr. Akmal Taher, SpU (K) selaku Wakil Ketua Komite Bersama pada saat membuka acara Monev AHS yang didampingi oleh tim yang lain diantaranya Prof. Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM (K), Prof. dr. Irawan Yusuf, Ph.D dan beberapa staf Aprilia Ekawati Utami, ST., MT, Ambunsuri Ramadhini, SST.Par,  Tengku Djumala dan Hermien Widjajati

Prof. Akmal menekankan bahwa untuk mewujudkan Academic Health System harus ada integrasi antara RS Pendidikan Utama dengan Fakultas Kedokteran Unhas maupun dengan jejaringnya baik pelayanan, pendidikan maupun penelitian dengan mengacu pada dua level koordinasi dan kolaborasi,” tuturnya 

Selanjutnya,  Prof. dr. Budu, SpM (K), M.Med, Dekan Fakultas Kedokteran Unhas sekaligus Koordinator Tim AHS menyampaian capaian AHS dan rencana tindak lanjut implementasi AHS, kemudian dilanjutkan oleh pemaparan Self Assessment oleh Direktur Utama RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar Dr. dr. Khalid Saleh, Sp. PD-KKV, FINASIM, M. Kes serta penguatan beberapa capaian yang telah disampaikan koordinator tim AHS.

Dalam kesempatan ini, hadir pula Ketua ARVI Prof. dr. Abdul Kadir, Ph. D, Sp. THT-KL (K) dan berpendapat bahwa Academic Health System (AHS) harus memenuhi unsur Governing Body yaitu koordinasi dan kolaborasi antara Kementerian Kesehatan, Kemenristekdikti, Kemendagri, Fakultas Kedokteran, dan RS Pendidikan Utama. 

Selanjutnya Monev dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi terkait masalah serta langkah-langkah strategis untuk mengatasi masalah dan hambatan dalam mengimplementasikan AHS. (Rep. AM)

Submitted by administrator on 2019-07-10 01:50:37