SEMARAK PEKAN ASI SEDUNIA DI RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

 

Makassar, 16/8 – RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar kerjasama Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang Sulawesi Selatan menggelar acara Pekan Asi Sedunia bertempat di Poli Anak Mother and Child Center yang dihadiri sekaligus membuka acara,  Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Sulsel, Prof. Dr.dr.H.Dasril daud, Sp.A(K), Kamis (15/8/2019).

Acara pekan ASI sedunia ini diisi dengan kegiatan edukasi dan konseling bagi para ibu-ibu yang datang membawa anaknya untuk berobat di Poli Mother and Child Center. Para ibu-ibu dan peserta lainnya tampak begitu antusias dan semangat mengikuti kegiatan ini.

Tujuan dari pekan ASI sedunia ini untuk memperjuangkan kebutuhan ASI terhadap bayi dan anak sampai usia 2 tahun secara serentak di seluruh dunia. Dengan tema Dukung Ayah Ibu, Kunci Keberhasilan Menyusui, kita ingin membangkitkan semangat dan memberikan dukungan kepada Ayah dan Ibu untuk memperkuat semangat dan membangun kesadaran mereka dalam memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Menurut data dari WHO bahwa pemberian ASI eksklusif di seluruh dunia masih kurang dari 50%. Olehnya itu, kita berharap ada peningkatan dari tahun ke tahun agar para orang tua betul-betul dapat mengetahui manfaat dari pemberian ASI eksklusif itu sendiri, hal ini disampaikan oleh Dr. dr. Ema Alasiry, Sp.A (K) selaku PIC kegiatan Pekan Asi Sedunia untuk Wilayah Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut dr. Ema mengatakan bahwa badan kesehatan dunia WHO, sejak tahun 1992 telah mencanangkan Pekan Asi Sedunia yang dimulai tanggal 1-7 Agustus setiap tahunnya. Tahun ini IDAI Pusat telah membentuk PIC untuk seluruh wilayah/cabang di seluruh Indonesia. Sementara itu IDAI cabang Sulsel juga telah membentuk dan menunjuk saya sebagai PIC untuk mengkoordinir pelaksanaan Pekan Asi Sedunia untuk seluruh Kabupaten/Kota, RS Pemerintah dan Swasta yang meliputi wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku,” ucapnya

Harapan kami kepada Ibu-ibu di seluruh dunia khususnya di Indonesia agar terus meningkatkan kesadaran para Ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya sampai usia 6 bulan kemudian melanjutkan sampai usia 2 tahun dengan ASI dan makanan pendamping ASI (MPASI),” jelas dr. Ema yang juga sebagai Koordinator Pelayanan NICU RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo. (Rep. AM)

 

Submitted by administrator on 2019-08-21 13:50:06