home
konsultasi link download
 
 
BERITA & ARTIKEL


PELAYANAN KAMI


DIKLAT
GALERY FOTO


 
TEAM RSWS
 
PENGUNJUNG
Online : 1 User
Total Hits : 351008 Hits
Hari Ini : 8
Kemarin : 10
Bulan Ini : 723
Tahun Ini : 5614
Total : 24848
DATA PENGUNJUNG
Alamat IP : 54.81.211.100
Proxy :
 
SEMINAR PENYAKIT KANKER PADA ANAK
2014-03-18 14:20:58
Shared : Share on Twitter   Share on Facebook

 

Anak yang tumbuh sehat adalah idaman setiap keluarga namun terkadang anak yang belum lama menikmati indahnya dunia harus diserang penyakit kanker yang amat ditakuti oleh sebagian masyarakat. Kanker pada anak merupakan masalah yang cukup kompleks mengingat perawatan dan pengobatannya melibatkan selain orang tua, tenaga profesional dan tak kalah penting adalah keluarga, sekolah serta lingkungan juga sangat berperan.

Adapun jenis penyakit kanker yang banyak ditemukan pada anak antara lain Leukemia, Kanker Otak, Retinoblastoma, Neuroblastoma, Rabdomiosarkoma, Osteosarkoma dan lain-lain.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, dan dalam rangka peringatan HUT Ke-21 RSUP Dr.Wahidin Sudirohusodo, dilaksanakan Seminar Penyakit Kanker Pada Anak pada hari Jum’at 14 Maret 2014 dengan pemateri : 1) Prof.Dr.dr.Dasril Daud, SpA(K) materi “Penyakit Keganasan Pada Anak”, 2) Prof.Dr.dr.Andi Asadul Islam, SpBS materi “Keganasan pada Central Nervous System & Medulla Spinalis”, 3) dr.Henry Yuliantom M.Phil,PhD,SpOT materi “Keganasan pada Anak di Bidang Ortopedi”, 4) dr.Halimah Pagarra,SpM(K) materi ‘Keganasan pada Anak di Bidang Opthalmologi”, 5) Hj.Ira Soelistyo materi “Partisipasi Orang Tua Penderita Kanker”.

Pada kesempatan yang sama dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Direktur Utama RSUP Dr.Wahidin Sudirohusodo Prof.dr.Abdul Kadir, PhD,SpTHT(K), MARS dengan Ketua Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Hj. Ira Soelistyo, tentang “Program Sekolah-ku Di Rumah Sakit”.

Program ini berupa penyediaan ruangan, sarana belajar serta tenaga pengajar secara cuma-Cuma bagi anak-anak penderita kanker yang sedang menjalani perawatan di RSUP Dr.Wahidin Sudirohusodo. Tujuan dari program Sekolahku adalah memberikan kesempatan anak-anak untuk belajar bagi yang ingin mengikuti pelajaran sekolahnya sehingga bila mereka telah menyelesaikan perawatan/pengobatannya dapat segera mengikuti pelajaran kembali, bagi anak-anak pra-TK dan TK dapat diberikan aktivitas selama perawatan di rumah sakit sehingga dapat menghilangkan kebosanan, membantu orang tua mengisi waktu/kegiatan sehingga mereka juga dapat “beristirahat” sejenak dari rutinitas menunggu anaknya di rumah sakit.

Selain itu Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia juga menyediakan rumah singgah melalui Program Rumah-ku, yang disiapkan untuk mengakomodasi pasien anak penderita kanker dengan kapsitas 28 pasien beserta pendamping (rencana lokasi di Jl.Perintis Kemerdekaan VI Makassar). Nantinya dengan rekomendasi dokter RSUP Dr.Wahidin Sudirohusodo, pasien dapat menggunakan fasilitas rumah singgah ini.(mih) 

 
Berita/Foto Terkait :