Farmasi

Pengantar

Pelayanan Farmasi merupakan salah satu kegiatan di rumah sakit yang menunjang pelayanan kesehatan yang bermutu. Hal tersebut diperjelas dalam PMK no 58 tahun 2014 tenytang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit, yang menyebutkan bahwa pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang baik untuk meningkatkan harapan hidup pasien.

Mengingat Standar Pelayanan Farmasi Rumah Sakit sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Pelayanan Kefarmasian masih bersifat umum, maka untuk meningkatkan pelayanan kefarmasian dibuat program kerja yaitu Pelatihan, Workshop dan Branchmarking di beberapa rumah sakit dan penyimpanan persediaan perbekalan farmasi, dimana semua kegiatan farmasi yang harus dijalankan dan berusaha mengimplementasikan secara prioritas dan simultan sesuai kondisi rumah sakit.

Instalasi Farmasi menyediakan fasilitas untuk melakukan kegiatan:

  1. Peracikan obat
  2. Penyimpanan dan penyaluran obat-obatan dan bahan kimia ke unit-unit pelayanan
  3. Penyimpanan dan penyaluran alat kedokteran, alat perawatan, dan alat kesehatan lainnya ke unit-unit pelayanan
  4. Pelayanan kefarmasian untuk pasien
  5. Penyuluhan obat ke masyarakat rumah sakit

Jumlah tenaga yang tersedia yaitu 2 orang spesialis farmasi rumah sakit, 17 orang apoteker, 40 orang asisten apoteker, serta dibantu beberapa tenaga administrasi . instalasi ini dalam pengembangan penerapan sistem pharmaceutical care yaitu pelayanan kefarmasian di ruang rawat inap dan rawat jalan yang meliputi Drug history, unit dose, pemantauan Zero Deffect, pemantauan pemakaian obat, informasi obat dan konseling obat pasien. Pelayanan tersebut ditujukan agar pasien mendapatkan informasi yang jelas mengenai obat-obatan yang digunakan atau dikonsumsinya shingga membantu efektifitas pengobatan secara optimal.

Layanan Farmasi diselenggarakan di beberapa unit pelayanan untuk memudahkan pelayanan kefarmasian. Beberapa unit sudah difasilitasi dengan e-resep, yang meliputi :

  1. Apotek Rawat Jalan di Instalasi Rawat Jalan
  2. Apotek Rawat Jalan Private Care Center di Instalasi Private Care Center
  3. Apotek Rawat Jalan dan Depo di Instalasi Pusat Jantung Terpadu
  4. ApotekRawat Jalan, Depo Pinang dan SatelitLontara 4di Mother and Child Center
  5. Apotek Rawat Jalan dan Depo Lt. 1

PRODUK LAYANAN UNGGULAN

1. Pelatihan Handling Cytotoxic

2. Pelatihan Pencampuran Obat TP dan High Alert

FASILITAS PERALATAN

1. Depo Sitostatika: Alat Cytogard, Ruangan Pencampuran Khusus Obat Kemoterapi dan PASS Box

2. Depo TPN/NICU/Obgin: LAF (Laminar Air Flow), Ruangan Pencampuran Khusus Obat Parenteral Nutrisi dan PASS Box

TIM LAYANAN UNGGULAN

KINERJA PELAYANAN

PELATIHAN DAN PUBLIKASI

Pelatihan Pencamppuran Obat Kemoterapi dilaksanakan pada hari Senin-Jumat, 26 s.d 30 November 2018 di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar dengan jumlah peserta 5 (lima) orang dan dilaksanakan pada jam 08.00 s.d 16.00

JEJARING RUMAH SAKIT MITRA

Peserta Pelatihan Pencampuran Obat Sitostatika dan Pelatihan Pencampuran Obat Nutrisi Parenteral adalah pada umumnya tenaga Kefarmasian bagian Indonesia Timur/Rumah Sakit Se Sulawesi Selatan.

AGENDA KEGIATAN ILMIAH MENDATANG

  • Pelatihan Pencampuran Obat kemoterapi dilaksanakan 4 gelombang untuk tahun 2019 (Januari, April, Juni, Agustus) dengan jumlah peserta minimal 5 orang setiap gelombangnya.
  • Pelatihan Pencampuran Obat Nutrisi Parenteral dilaksanakan 4 gelombang untuk tahun 2019 (Februari, Mei, Juli, September) dengan jumlah peserta minimal 5 orang setiap gelombangnya.

AKSESIBILITAS

CARA MERUJUK