CSSD dan Laundry

Pengantar

Layanan CSSD dan Laundry diselenggarakan untuk menunjang aktivitas pelayanan medik dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk menjamin keberlangsungan kegiatan sterilisasi alat, set operasi dan pakaian. Untuk mendukung operasional pelayanan medis di rumah sakit, pelayanan laundry menyiapkan berbagai keperluan linen dan laundry pada unit pelayanan baik untuk kebutuhan rawat jalan, rawat inap, ICU maupun COT (Kamar Operasi).Layanan yang diselenggarakan meliputi :

  1. CSSD
  2. Laundry

CSSD (Central Sterile Supply Departement) mempunyai peran memutus mata rantai infeksi dalam upaya menekan kejadian infeksi. CSSD RSUP.Dr.WahidinSudirohusodo Makassar mempunyai tugas pokok dan fungsi menjamin tersedianya alat dan bahan steril untuk kegiatan pelayanan pasien di rumah sakit, menjadi unit yang juga dapat menjamin mutu produk steril yang dihasilkan.

Infeksi merupakan momok yang paling ditakuti di semua rumah sakit karena akan berdampak pada peningkatan LOS, biaya operasional rumah sakit, bahkan peningkatan angka kematian pada pasien.

Secara umum CSSD dilihat sebagai bagian penting dari sebuah tindakan operasi di Instalasi bedah Sentral/OK dan fasyankes yang bersentuhan langsung dengan pasien, sehingga alat-alat steril harus selalu tersedia setiap saat.

Dalam melakukan pemrosesan linen terkontaminasi menjadi hygine menjadi tanggung jawab Instalasi CSSD dan Loundry dalam menjalankan tupoksi, hal ini sejalan dengan upaya pencegahan infeksi di rumah sakit yang menjadi standar PPI-RS.

PRODUK LAYANAN UNGGULAN

Layanan unggulan yang dimiliki CSSD adalah :

  1. Sterilisasi steam sterilizer
  2. Low temperature sterilizer
    1. Etylen Oxide
    2. Plasma

Sterilisasi steam sterilizer adalah merupakan metode sterilisasi yang direkomendasikan baik secara Nasional maupun Internasional paling aman untuk peralatan/instrumen yang tahan panas.

Low temperature dengan menggunakan EtO dan Plasma merupakan metode sterilisasi untuk peralatan yang tidak tahan dengan suhu tinggi.

Adapun alkes steril yang dihasilkan menggunakan bahan pengemas yang direkomendasikan yang dilengkapi dengan indikator steril seperti: eksternal indikator, internal indikator. Dalam proses sterilisasi selalu dilakukan pemantauan dengan menggunakan indikator biologi dan Bowie Dick tes. Semua indikator tersebut merupakan prasyarat utama dalam Sterilisasi.

TIM LAYANAN UNGGULAN

Tim kerja di CSSD dariberbagai disiplin ilmu yang sudah terlatih, berpengalaman dan menguasai sterilisasi alkes di rumah sakit. Yang paling penting secara keseluruhan SDM telah mengikuti pelatihan 5 wajib dan tersertifikasi.

FASILITAS PERALATAN

Washer Desinfector

Pencucian instrument menggunakan Washer Desinfector menfasilitasi pekerjaan rutin dan mengurangi kontak staf pelaksana dengan peralatan kesehatan yang terkontaminasi.

Kombinasi antara deterjen dan air panas pada suhu 93 dan deg;C dan kekuatan tekanan aliran air, menjamin pembersihan peralatan kesehatan.Disinfeksi pada suhu 93 dan deg;C selama 10 menit dilakukan setelah pembersihan berulang dengan deterjen dan air. Disinfeksi menjamin aksi bekterisidal, fungisidal dan tuberkolosi dalam menginaktivasi virus termasuk Hepatitis B.

Steam Sterilizer

Pada jenis autoclave ini menggunakan 2 pilihan sumber steam: boiler sentral dan steam internal pada mesin itu sendiri, sehingga dalam proses penyediaan alat sterilisasi tidak sepenuhnya bergantung pada boiler sentral yang terjadwal.

Alasan kami untuk memilih metode sterilisasi dengan suhu tinggi atau uap bertekanan karena pertimbangan :

  • Metodesterilisasi paling, aman, efektif, bersifat non toksik
  • Direkomendasikan untuk peralatan yang tahan panas dan tahan uap.
  • 80 % produk sterilisasi rumah sakit menggunakan metode suhu tinggi steam.

Keuntungan:

  • Dapat mensterilkan bahan yang tidak dapat ditembus steam
  • Tidak bersifat korosi,
  • Mencapai seluruh permukaan alat

Low Temperatur Sterilizer

a. Ethylene Oxide

Metode sterilisasi Etilen Oksida merupakan metode sterilisasi suhu rendah. Etilen Oksida membunuh mikroorganisme dengan cara bereaksi terhadap DNA mikrooganisme melalui mekanisme alkilasi. Untuk pemakaian pada fasilitas kesehatan Etilien Oksida bisa digunakan dalam bentuk wadah pada fasilitas kesehatan Etilen Oksida biasa digunakan dalam bentuk wadah kecil dan bekonsentrasi 100%. Etilen Oksida hanya digunakan untuk sterilisasi alat yang tidak dapat disterilkan dengan metode sterilisasi uap. Empat elemen esensial yang perlu diperhatikan pada sterilisasi EtO adalah :

  • Konsentrasi gas tidak kurang dari 400 mg/liter.
  • Suhu tidak kurang dari 360C (siklus dingin), dan tidak lebih dari 600C (siklus hangat).
  • Kelembaban relatif antara 40%-100%.
  • Waktu, berkolerasi langsung dengan suhu dan konsentrasi gas, makin tinggi suhu dan konsentrasi gas, waktu proses sterilisasi makin cepat.

Keuntungan:

  • Non korosif terhadap plastik, metal, karet.
  • Tidak membutuhkan pengemas khusus
  • Daya penetrasi kuat
  • Dapat mensterilkan alat berlumen sempit

b. Hydrogen Peroxide Plasma Sterilization

Pada sterilisasi plasma yang terbentuk dari arutan Hydrogen peroksida 55-58 %.

Phase prosessterilisasi plasma

  • Vakum
  • Injeksi
  • Diffusi
  • Plasma

Keuntungan:

  • Proses sterilisasicepat 55 dan 75 min.
  • Proses kering
  • Residu tidak toksik
  • Temperature rendah
  • Tidak membutuhkan aerasi
  • Alat alat dapat dikemas
  • Instalasi mudah

Loundry

Mesin cuci barier automatic steam untuk pencucian linen infeksius

Mesin cuci automatic steam non infeksius

Mesin pengering automatic steam

Mesin setrika automatic steam

Selain fasilitas utama sarana lain seperti loket dengan system 2 pintu dan trolley yang terpisah antara kotor dan bersih semua tersedia.

KINERJA PELAYANAN

Dimulai dari proses pencucian, packaging, sterilisasi dan penyimpanan dilakukan sesuai standar sehingga alkes steril yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi.

Kinerja CSSD dapatditunjukkan dengan tersedianya produk steril yang berkualitas dengan jaminan kualitas tinggi untuk memberikan rasa aman bagi penggunanya.

Hal tersebut di atas dapat dilihat indikator-indikator yang digunakandan proses dilakukan sesuai standar yang dipersyaratkan.

Dekontaminasi dan sterilisasi dilakukan oleh SDM yang sudah terlatih dan berpengalaman di bidang sterilisasi alkes RS.

PELATIHAN DAN PUBLIKASI

Modul pelatihan untuk pegawai di luar rumah sakit, kami bermitra dengan Diklat RSWS.

JEJARING RUMAH SAKIT MITRA

Sebagai rumah sakit yang terakreditasi KARS Paripurna dan JCI, CSSD telah membangun kerjasama dengan RS Siloam Makassar,  RS Awal Bros Makassar dan RSPTN UNHAS Makassar.

AGENDA KEGIATAN ILMIAH MENDATANG

Belum ada agenda kegiatan ilmiah, CSSD hanya menerima peserta magang kerjasama Diklat RSWS.

AKSESIBILITAS

Sebagai bentuk kemudahan pelayanan yang diberikan kepada custumer CSSD membuka layanan 24 jam.

CARA MERUJUK

Mengikuti Sesuai peraturan Rumah Sakit