INHOUSE TRAINING-PELATIHAN AUDIT MEDIS DAN AUDIT KLINIK GUNA TINGKATKAN MUTU PELAYANAN MEDIS

 

Makassar-RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar sukses menyelenggarakan Inhouse Training Pelatihan Audit Medis/Audit Klinik yang berlangsung selama 2 (dua) hari, tanggal 1-2 Juli 2021 bertempat di Auditorium Pusat Jantung Terpadu (PJT) lantai 7, (2/7).

Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber ahli yaitu Dr. dr. Hanevi Djasri, MARS, FISQua, merupakan Konsultan dan Peneliti di Pusat Kebijakan dan Manajemen FK-UGM bersama drg. Puti Aulia Rahma, MPH, CFE yang juga merupakan Konsultan dan Peneliti di Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FKKMK UGM.

Turut hadir membuka acara, Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang sekaligus Plh. Direktur Utama, Prof. dr. Mansyur Arif, Ph. D, Sp.PK(K), M. Kes. Dalam sambutannya, Prof. Mansyur menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan audit medis/audit klinik ini, mampu mengevaluasi secara profesional mutu pelayanan medis yang diberikan kepada pasien dengan menggunakan rekam medisnya yang dilakukan oleh tenaga medis dan perawat. Berdasarkan hal tersebut maka audit medis sangatlah penting untuk meningkatkan mutu pelayanan medis," tuturnya.

 

Sementara itu dikesempatan yang sama, Ketua Komite Medik, dr. Sriwati Palaguna, Sp. A, M. Kes mengatakan bahwa meskipun masih dalam suasana pandemi, namun kegiatan pelatihan audit medis ini harus tetap dilaksanakan tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan. Sebab pelatihan audit medis bertujuan meningkatkan kemampuan staf medis dalam memahami peran audit medis sebagai salah satu komponen penting Clinical Governance, " ucapnya.

Peserta pelatihan terdiri dari Sub Komite Mutu Profesi, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Respirasi, Bidang Pelayanan Medik, Bidang Pelayanan Keperawatan, Instalasi Farmasi, Instalasi Gizi, Instalasi SIRS, Komite Mutu dan Akreditasi serta Case Manager. (Rep. AM)

Submitted by administrator on 2021-07-13 10:22:00